Intranet jangkauan luas dengan jaringan Internet

9 Dec

VPN (Virtual Private Network), yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium nonpribadi (misalnya : Internet) untuk menghubungkan antara kantor pusat/cabang. Pengguna induk memberikan fasilitas kepada cabang yang memiliki hak akses yang ingin terhubung ke jaringan lokal di manapun mereka berada.

VPN merupakan suatu jaringan komunikasi lokal yang terhubung melalui jaringan publik, untuk memperoleh komunikasi yang aman (private) melalui internet, diperlukan protokol khusus untuk mengatur pengamanan datanya.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh:

  1. Jangkauan jaringan lokal menjadi lebih luas (setiap orang berhak menggunakan internet, dengan syarat mereka memiliki akses (warnet, dll), protokol tambahan yang khusus dirancang untuk mengamankan data yang dikirim melalui internet, sehingga data hanya dapat diakses pihak tertentu saja).
  2. Penambahan satu kantor cabang hanya membutuhkan satu jalur saja, yaitu jalur yang menghubungkan kantor cabang baru dengan ISP terdekat yang terhubung dengan internet.
  3. Selama pengguna bias mendapat akses ke internet ke ISP terdekat, pengguna dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus kantor pusat.
About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: