Guru Militer Yang Diharapkan

24 Jan

 

Pengajar merupakan bagian dari sistem pendidikan dan memegang peranan penting dalam penyiapan hasil didik. Sebuah lembagapendidikan sangat membutuhkan  yang mampu mengangkat citra dan marwah lembaga pendidikannya. Sehingga bagaimana harus dimulai, kapan dan siapa yang memulainya, dan dari mana harus dimulai. Kalaulah kita masing-masing menyadari, memiliki rasa kepedulian, mau berbagi rasa, dan kalaulah mau kita merasa memiliki  sekolah/lembaganya, maka pendidikan pada suatu lembaga pendidikan akan mampu menyiapkan hasil didik yang berkualitas. Oleh sebab itu semua kita memiliki satu persepsi, satu langkah dan satu tujuan bagaimana kita berusaha mengangkat almamater lembaga pendidikan tersebut, menjadi pendidikan bermutu.


Satu hal yang akan menjadi titik perhatian kita adalah “bagaimana merancang  masa depan”.  masa depan adalah  yang memiliki kemampuan dan ketrampilan cara mengajar dan menguasai materi pelajara,  bagaimana dapat menciptakan hasil pembelajaran secara optimal, selanjutnya memiliki kepekaan di dalam membaca suasana, serta memiliki wawasan intelektual dan berpikiran maju, tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang ada padanya.

Bagaimana sebenarnya  masa depan seperti yang diidamkan oleh banyak pihak, diantaranya adalah:

1.  Planner, artinya  memiliki program kerja pribadi yang jelas, program kerja tersebut tidak hanya berupa program rutin, misalnya menyiapkan seperangkat dokumen seperti Hanjar, Siapjar dan Progjar dan sebagainya. Akan tetapi pengajar harus merencanakan bagaimana setiap pembelajaran yang dilakukan berhasil maksimal, dan tentunya apa dan bagaimana rencana yang dilakukan, dan sudah terprogram secara baik.

2.  Inovator, artinya memiliki kemauan untuk melakukan pembaharuan dan pembaharuan cara berfikir dan bersikap serdik dan hal ini juga berkenaan dengan pola pembelajaran, termasuk di dalamnya metode mengajar, media pembelajaran, sistem dan alat evaluasi, serta effect lainnya. Secara individu maupun bersama-sama mampu untuk merubah pola lama, yang selama ini tidak memberikan hasil maksimal, dengan merubah kepada pola baru pembelajaran, maka akan berdampak kepada hasil yang lebih maksimal;

3.  Motivator, artinya pengajar masa depan mampu memberi motivasi serdik untuk terus belajar dan belajar, dan tentunya pengajar tersebut harus mampu menjadi contoh dengan cara bersikap dan bertindak yang menggambarkan belajar senantiasa dilaksanakan dimanapun dan kapanpun bahkan dengan cara yang paling sederhana dan mudah.

4.  Capable personal, maksudnya pengajar diharapkan memiliki pengetahuan, kecakapan dan ketrampilan serta sikap yang lebih mantap dan memadai sehinga mampu mengola proses pembelajaran secara efektif;

5.  Developer, artinya pengajar mau untuk terus mengembangkan diri, dan tentunya mau pula menularkan kemampuan dan keterampilan kepada anak didiknya dan untuk semua orang. pengajar masa depan haus akan menimba ketrampilan, dan bersikap peka terhadap perkembangan IPTEK, misalnya mampu dan terampil mendayagunakan komputer, internet, dan berbagai model pembelajaran multi media. Hal tersebut harus diimplementasikan pada saat penyajian pelajaran seperti :

a.                  Menyajikan pelajaran dengan sarana multimedia, seperti menggunakan infocus, CD tutorial, visualisasi pelajaran dengan VCD/DVD dsb. Saat ini cukup banyak soft ware yang mendukung pembelajaran ini. Cool edit Pro untuk merekam dan mengedit audio dalam berbagai format, Ulead Video Studio 9 dan Adobe Premierre untuk merekam dan mengedit file video, Flash MX dan Macromedia Director untuk membuat animasi dan  ….. untuk membuat CD tutorial, serta Adobe Photoshop untuk mengedit image serta Corell Draw untuk mengedit dan mendesain grafis dan masih banyaklagi soft ware lain yang mempunyai fasilitas yang mendukung kebutuhan pembelajaran tersebut.

b.                  Memberikan penugasan dengan materi yang diperoleh dari internet, media masa, media cetak dan elektronik serta refferensi dari perpustakaan.        Dengan memberikan penugasan seperti itu akan diperoleh beberapa keuntungan seperti :

1)     Meningkatkan minat baca Serdik yang akan berdampak menambah wawasan berfikir dan menganalisa serta memecahkan masalah.

2)     Meningkatkan kemampuan Serdik dalam memahami teknologi informasi.

3)     Menambah mutu/kualitas hasil penugasan karena lebih banyak refferensi.

c.                  Memilih metoda lain yang tepat dan dapat memacu semangat kompetisi Serdik. Dengan adanya semangat berkompetisi maka Serdik akan memacu diri untuk mengembangkan kemampuannya. Untuk kelas kecil metoda yang cocok adalah metoda diskusi sedangkan untuk kelas besar akan lebih cocok apabila metoda kombinasi antara ceramah dan tanya jawab . Dengan demikian diharapkan proses belajar mengajar bukan lagi dominan fungsi pengajar namun ada interaksi antara pengajar dan Serdik sehingga suasana kelas juga akan lebih hidup dan tidak membosankan. Salah satu pilihan yang patut untuk diterapkan adalah metoda Quantum Teaching dan e-learning yang saat ini berkembang di dunia pendidikan.

Kesimpulan

pengajar masa depan adalah pengajar yang mampu bertindak sebagai fasilitator; pelindung; pembimbing dan punya figur yang baik (disiplin, loyal, bertanggung jawab, kreatif, melayani sesuai dengan visi, misi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: