Merawat Laptop

10 Feb

1. Rutin Meng-update Windows

2. Pakailah Firewall

3. Cek Virus dan Scan Komputer

4. Hilangkan Spyware; Menghilangkan spyware adalah satu langkah penting yang perlu dilakukan dalam proses membersihkan file-file ‘yang tidak diinginkan’ dari komputer Anda. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk menghilangkan file tersebut. Ad-aware dan Spybot Search and Destroy adalah dua contoh program yang bisa Anda gunakan.

5. Perhatikan kondisi suhu (35 derajat Celcius)

6. Menyimpan laptop; dalam waktu lama (satu minggu lebih), lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik.

7. Hindari medan magnet

8. Mematikan dengan benar

9. Hindari permukaan terlalu empuk

10. Perawatan program; Untuk perawatan pemasangan antivirus, bisa dilakukan dengan cara menginstal software antivirus pada laptop. Selalu perbarui data definisi virus untuk mengantisipasi virus terbaru. Hampir 90 persen lumpuhnya sebagian software aplikasi dan kerusakan data karena adanya virus. Dengan terpasangnya antivirus, maka data dalam laptop akan aman.

Untuk perawatan harddisk, sebulan sekali lakukan defrag terhadap harddisk. Tujuannya untuk menyusun kembali posisi file-file yang terpencar sehingga mempercepat sistem dalam mencari file. Kemudian gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan pada direktori dan File Allocation Table. Usahakan pula membuat partisi harddisk lebih dari satu, misalnya dua atau tiga partisi.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: